23.9.12

Apa itu Asam Urat?

Asam urat adalah sisa metabolisme dari zat purin yang berasal dari makanan yang kita konsumsi. Zat purin juga merupakan hasil dari pemecahan sel-sel darah.
Zat purin sendiri adalah zat yang terdapat dalam bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Dengan kata lain, dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin. Lalu karena kita memakan daging makhluk hidup tersebut, maka zat purin berpindah dari makhluk hidup tersebut ke dalam tubuh kita. Berbagai sayuran dan buah-buahan juga mengandung zat purin. Zat purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena suatu penyakit tertentu.
Asam urat sangat mengganggu penderitanya, ditandai dengan rasa nyeri di daerah persendian. Akibatnya sangat aktivitas makin terganggu. Mau melakukan apa - apa sangat susah karena nyeri yang ditimbulkan.
Kadar normal asam urat adalah 2,4 – 6 untuk wanita dan 3,0 – 7 untuk pria. Pada keadaan normal, asam urat dikeluarkan dalam tubuh melalui feses dan urin, tetapi karena ginjal tidak mampu mengeluarkan asam urat yang ada, menyebabkan kadarnya meningkat dalam tubuh. Hal lain yang dapat meningkatkan kadar asam urat adalah kita terlalu banyak mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung banyak purin. Asam urat yang berlebih selanjutnya akan terkumpul pada persendian sehingga menyebabkan rasa nyeri atau bengkak.
Gejalanya ditandai dengan serangan mendadak dan berulang dari artritis yang terasa sangat nyeri karena adanya endapan kristal monosodium urat, yang terkumpul di dalam sendi sebagai akibat dari tingginya kadar asam urat di dalam darah (hiperurisemia). Mari cek kadar asam urat anda, jika berlebihan turunkan dengan minum secara rutin Kapsul Amura.

No comments:

Post a Comment